Wahai Perempuan Masa Kini, Melek Finansial Adalah Keharusan

Acara Kartini Expo yang digelar PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 21-23 April 2017 yang lalu tentu memberikan banyak ilmu baru bagi kaum perempuan. Kini kaum perempuan modern akan menjadi pribadi yang lebih cermat untuk urusan keuangan. Sebab menjadi ibu rumah tangga sekalipun bukanlah halangan untuk “melek finansial”.

Salah satu sesi talkshow pada Kartini Expo membahas tema “Perempuan sebagai Menteri Keuangan di Rumah”. Bunga Mega dan Fioney Sofyan yang menjadi narasumber talkshow tersebut menuturkan banyak hal menarik seputar “melek finansial”. Bahkan Bunga Mega bersedia memaparkan opininya seputar pentingnya ilmu finansial bagi kaum perempuan modern. Semua dikupas secara tuntas, hanya di Zere.

Perempuan Punya Bakat Alami untuk Urusan Finansial

Pada dasarnya semua perempuan dikaruniai kemampuan multi-tasking dan multi-role secara alami. Jadi, tidak mengherankan bila mayoritas perempuan merupakan seorang pengatur keuangan yang baik. Rumah tangga merupakan lingkup terkecil bagi perempuan untuk belajar mengatur keuangan dengan benar.

Selain lingkup rumah tangga, sekarang perempuan juga lebih terlatih mengatur keuangan melalui berbagai bidang pekerjaan. Segala kebutuhan perusahaan dan perencanaan jangka panjang dapat direncanakan dengan efektif oleh kaum perempuan yang aktif berkarier.

Berhemat Secara Nyata Dimulai dari Rumah Tangga

Kemampuan perempuan untuk urusan finansial akan terlatih secara alami sejak membina rumah tangga. Semasa lajang, perempuan hanya berurusan dengan kondisi finansial pribadi. Sementara saat mulai berumah tangga, urusan finansial keluarga menjadi lebih kompleks dan membutuhkan persiapan yang sangat matang.

Saat masih berstatus single, biasanya perempuan cenderung konsumtif untuk membeli hal-hal yang disukainya. Berbelanja baju, kosmetik, gadget mewah, dan benda-benda lain yang tidak terlalu dibutuhkan tentu mendatangkan kesenangan tersendiri. Namun setelah menikah, maka prioritas akan mulai berubah dan mengarah pada kebutuhan rumah tangga. Terutama jika rumah tangga sudah dikaruniai buah hati.

Ibu Rumah Tangga Patut Mulai Mengenal Investasi

Ibu rumah tangga biasanya identik dengan kesan ketinggalan zaman dan kolot, termasuk untuk urusan keuangan. Padahal ibu rumah tangga modern mesti lebih cermat mengatur keuangan dan mengenal pengaruh inflasi. Sebab inflasi akan membuat nilai uang terus turun dari waktu ke waktu. Selain itu, biaya pendidikan dan kebutuhan lainnya pun terus merangkak naik seiring dengan perkembangan zaman. Jika tidak mengenal investasi, tentu saja orang harus bekerja mati-matian demi mengumpulkan banyak uang. Dampak inflasi sangat dirasakan oleh low and middle class society karena pendapatannya tidak terlalu besar. Bahkan sering kali hanya pas-pasan untuk kebutuhan bulanan.

Melalui investasi saham yang tepat, ibu rumah tangga akan mulai mempelajari sistem keuangan modern dengan cara yang benar. Stereotip saham sebagai “perjudian” dan “mainan orang kaya” pun bisa ditepis oleh sejumlah fakta. Bahwa kini semua orang bisa mulai berinvestasi saham tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Menabung saham dapat dilakukan semudah menabung biasa. Namun manfaat saham sangat baik untuk tujuan jangka panjang seperti biaya pendidikan, persiapan kebutuhan tak terduga, naik haji, atau dana pensiun.

 

Kesimpulannya, tidak perlu takut untuk memulai investasi sedini mungkin. Jenis investasi saham dapat menjadi pilihan paling tepat bagi kaum perempuan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk memperkaya wawasan tentang investasi saham. Lakukan sekarang juga karena waktu dan kebutuhan tak terduga tidak pernah menunggu kesiapan Anda!

Never stop investing, never stop improving, never stop doing something new.

-Bob Parsons-

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.