Virtual Reality, Mulai Dari Gim Sampai Cari Apartemen

Anisa Sekarningrum

seorang fresh graduate yang tertarik menulis tentang pariwisata, kuliner, budaya, dan lingkungan.

Keterbatasan waktu bahkan tenaga kadang mempersulit kita melakukan sebuah hal. Virtual Reality (VR) atau realitas maya menjadi teknologi yang mempermudah pengguna berinteraksi dengan sebuah lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dengan teknologi canggih ini, kita dapat dengan mudah melihat keadaan sesungguhnya hanya lewat layar komputer.

Bermain gim

Bermain gim dengan virtual reality menjadi sebuah hal yang sangat menantang dan menyenangkan. Bagaimana tidak? Anda diajak ikut menjadi salah satu karakter dan terjun langsung bermain dalam arena gim tersebut.

Mulai dari gim perang hingga gim arcade sudah banyak ditawarkan oleh para pembuat gim terkini. Imajinasi dan fisik Anda juga akan diajak bekerja dalam bermain game ini karena dibutuhkan lebih banyak gerakan dari pengguna untuk menimbulkan efek real.

Pendidikan

Victory Enterprises, perusahaan teknologi asal AS ini mengembangkan headset Victory VR yang menggabungkan teknologi virtual dengan kurikulum sekolah.

CEO Victory Enterprises, Steve Grubbs mengatakan bahwa penggunaan VR dinilai lebih efektif dalam proses belajar-mengajar dibandingkan cara konvensional. Menurutnya, para siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

Menurut uji coba yang dilakukan Grubbs kepada sejumlah siswa, mereka mengingat informasi apabila antusias terhadap apa yang mereka pelajari. Dengan kata lain, mereka yang menggunakan perangkat VR lebih mengingat apa yang mereka lihat.

Contohnya, siswi bernama Shelbi Buchanan, yang sempat menjajal headset VR. Menurutnya, teknologi ini membantu melihat dan merasakan pengalaman baru. Ia juga bisa melihat beberapa jenis hewan seperti ular dan kura-kura.

Pengobatan trauma

Psikolog di Colorado, Amerika Serikat, Dawn Jewell, memanfaatkan teknologi realitas maya untuk menyembuhkan trauma pasiennya dari kecelakaan mobil.

Dikutip dari Seattle Times, Senin 7 Agustus 2017, Jewell menggunakan terapi paparan dengan teknologi realitas maya untuk memandu emosi sang pasien saat menjelajahi perempatan karena sang pasien masih merasa takut saat dibawa ke jalan raya pasca kecelakaan.

Untuk itu, Jewell mengajak sang pasien menyusuri perempatan dan jalanan secara virtual dengan teknologi tersebut, tak hadir secara fisik di jalanan. Dalam menjalankan terapi itu, Jewell menggunakan perangkat kepala buatan Google, Daydream View.

Terapi ini mengambil manfaat dengan ‘memaksa’ pasien menghadapi trauma masa lalu mereka. Pada pertengahan 1980-an, uji klinis menunjukkan teknologi semacam realitas maya bisa membantu mengobati fobia dan gangguan lainnya misalnya gangguan stres paska trauma.

Melihat gerhana matahari

Baru baru ini ramai dibicarakan fenomena gerhana matahari total yang bisa dilihat di Amerika Serikat pada 21 Agustus 2017 mulai pukul 09:05 di Oregon dan berakhir 14:44 di South Carolina.

Untuk Anda yang berada jauh dari Amerika Serikat, Anda dapat menyaksikan kejadian langka itu secara langsung lewat Live Streaming dengan teknologi VR yang dilakukan oleh time.com bersama Mesmerise Global. Sehingga Anda seakan akan ikut berada di lokasi untuk menyaksikan fenomena langka tersebut.

Anda bisa saksikan videonya di http://time.com/4900288/total-solar-eclipse-virtual-reality/.

Mengunjungi destinasi wisata

Kini, Tourism Information Center Indonesia (TIC Indonesia) sudah dapat menyuguhkan Anda berbagai visual menarik destinasi wisata di Indonesia.

Lewat gelaran Habibie Festival 2017, perangkat VR ini diperkenalkan kepada pengunjung agar mereka dapat mengenal lebih jauh tentang destinasi seperti Raja Ampat, Makassar, Kepulauan Riau, dan Bali.

VR booth ini sudah dapat Anda nikmati di area Kedatangan Internasional dan Domestik Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta guna menarik minat wisatawan untuk menjelajahi Indonesia.

Berbelanja dengan Artis Korea

Brand kosmetik Innisfree mengajak para konsumennya agar dapat merasakan berbelanja sambil menikmati indahnya Pulau Jeju bersama Lee Min Ho dan juga Yoona SNSD dengan teknologi VR.

Terletak di toko perdana Innisfree di Indonesia yaitu Central Park Jakarta, Anda dapat mencicipi pengalaman bersama dua artis asal negeri gingseng tersebut sambil menikmati pemandangan Pulau Jeju dari sudut 360 derajat, ditambah lagi aroma serta sensasi angin untuk melengkapi pengalaman 4D khusus konsumen Innisfree.

Penjualan kendaraan bermotor

Anda tidak perlu lagi melakukan test-drive di jalan raya, dengan VR semuanya dapat dilakukan dengan lebih aman.

Long Beach BMW Motorcycles, di California, Amerika Serikat (AS), adalah dealer pertama di negara itu yang menyediakan virtual reality bagi para pengunjung. Dengan alat ini, pengunjung bisa merasakan bagaimana menjajal motor tanpa keluar dari dealer.

Dikutip dari rideapart, Kamis (13/4/2017), BMW Virtual Reality Experience dilengkapi dengan perangkat Oculus Gear VR headset yang menyediakan tampilan maya 360 derajat, serta over-ear headphones yang membuat pengalaman di dunia maya semakin nyata.

Tidak lupa, perangkat motornya itu sendiri yang membuat pengalaman di dunia maya ini semakin terasa nyata. Melalui ini, pengunjung dapat merasakan bagaimana berkendara menggunakan sepeda motor BMW Motorrad apapun, melalui jalanan apapun, dan tanpa takut akan kecelakaan.

Berburu apartemen

Jika Anda sedang mencari unit apartemen namun tidak memiliki waktu untuk mengunjungi tempatnya, Anda dapat dengan mudah melihat-lihat pilihan unit lewat jendela360.com

Lewat website ini, disajikan berbagai foto dengan sudut angle 360 derajat sehingga Anda tidak perlu lagi penasaran karena foto tampak depan saja. Anda dapat melihat berbagai sudut seakan berputar badan sendiri di tempat tersebut.

Berbagai pengalaman baru dengan teknologi VR ini seakan membawa kita berpetualang di dimensi lain. Sekarang, Anda bisa menikmati berbagai informasi dari berbagai sudut dengan virtual reality.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.