Mau Hemat? Hindari Belanja Bulanan di Supermarket

sicaharum

Managing Editor, dapat dihubungi di redaksi@zeremedia.com

Jika Anda tak punya niat belanja bulanan, jangan pernah datang ke supermarket di masa-masa orang terima gajian. Antrian yang panjang akan membuat urusan Anda -yang mungkin sekadar membeli minuman ringan dan cemilan untuk dimakan diam-diam di bioskop- tambah runyam.

Bahkan buat mereka yang berniat belanja bulanan setelah menerima gaji pun tak terlalu nyaman belanja di supermarket. Parkir yang sulit didapat, keriuhan anak-anak di lorong belanja, hingga barcode barang yang tiba-tiba tak terbaca sehingga kasir harus mengibarkan bendera tanda minta tolong, …dan antrian pun bertambah panjang.

Buat Anda yang serius ingin berhemat, pertimbangkan untuk tidak belanja bulanan ke supermarket. Godaan diskon untuk barang-barang yang tidak kita butuhkan, terlalu besar.

Lantas, bagaimana?

Belanja bulanan dengan perencanaan

Untuk aktivitas apa saja, perencanaan yang baik sangat menentukan keberhasilan. Catat kebutuhan Anda, periksa pos-pos yang bisa dihemat, dan rencanakan budget. Hemat, bukan berarti pelit. Hemat berarti mendapatkan nilai lebih dari apa yang dibayarkan. Bukan berhemat namanya apabila kualitas kesehatan kita jadi menurun.

Manfaatkan produk promo

Cek pengeluaran bulan lalu, dan periksa apakah Anda masih bisa loyal atas produk tersebut. Jika tidak, ganti produk lain yang menawarkan lebih. Apalagi jika ada promo. Anda harus komitmen mengejar target penghematan Anda.

Beli kemasan besar, tapi gunakan per kemasan kecil

Maksudnya, biasakan membeli barang-barang yang bisa distok dalam jumlah besar yang cukup untuk satu bulan. Misalnya, beli minyak goreng 2L untuk satu bulan, namun simpan dalam botol penyimpan yang cukup untuk mingguan. Begitu juga dengan sabun mandi. Gunakan merek yang sama untuk semua anggota keluarga, kecuali jika Anda punya anak kecil.

Gunakan aplikasi online untuk belanja bulanan

Belanja bulanan secara online akan menghemat budget dan waktu. Apalagi jika Anda tipe orang yang sulit menolak godaan makan di restoran setelah lelah belanja bulanan di supermarket. Bayangkan waktu belanja dan mengantri yang bisa Anda pakai untuk main bersama anak, atau nonton film favorit.

Gunakan poin promo

Buat pemilik kartu kredit, sekalian saja manfaatkan segala promo kartu Anda untuk belanja bulanan. Namun pastikan, Anda membayar lunas semua sehingga tidak meninggalkan utang dan bunga di bulan depan.

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.