Jalan Kaki Cocok Untuk Pekerja Yang Sulit Fokus

Orang Indonesia disebut-sebut malas berjalan kaki, menurut sebuah penelitian dari Universitas Stanford, Amerika Serikat.

Padahal, jalan kaki memberi banyak manfaat. Mulai dari memperkuat jantung, meningkat konsentrasi, hingga menurunkan berat badan.

Dalam penelitian yang dirilis di Jurnal Nature, Juli 2017, disebutkan warga Hong Kong sangat rajin jalan kaki, rata-rata 6.880 langkah setiap hari.

Sedangkan orang Indonesia, rata-rata berjalan kaki sebanyak 3.513 per hari.

Jumlah tersebut menempatkan Indonesia di peringkat paling buncit dari 111 negara yang terlibat dalam penelitian menggunakan aplikasi Argus tersebut.

Berjalan kaki bisa jadi merupakan hal yang sulit dilakukan bagi kebanyakan orang Indonesia. Apalagi dengan adanya kemudahan menggunakan berbagai jenis alat transportasi yang mudah digunakan.

Banyak yang beranggapan, “Sekarang kan banyak transportasi, apa lagi transportasi online. Jadi enggak usah jalan kaki lagi.”

Padahal jalan kaki memiliki berbagai macam manfaat baik bagi kesehatan, seperti di bawah ini. Khususnya bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu banyak untuk bekerja.

Meningkatkan konsentrasi

Para peneliti dari dua universitas di Denmark pernah meneliti tingkat konsentrasi anak-anak sekolah.

Mereka menemukan, anak-anak yang pergi ke sekolah menggunakan mobil atau transportasi umum memiliki tingkat konsentrasi yang lebih buruk dibandingkan mereka yang mengambil rute yang lebih aktif seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Niels Egelund mengatakan, “Tingkat konsentrasi meningkat empat jam setelah berjalan kaki dibanding menggunakan alat transportasi untuk bepergian.”

Tentunya hal ini juga berlaku bagi para pekerja.

 

Menguatkan fungsi jantung

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga kardio yang cukup baik. The Stroke Association menyatakan bahwa kegiatan berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi Anda sampai 27%.

 

Memperpanjang usia

Menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit berjalan kaki dapat membuat usia Anda lebih panjang . Anda juga bakal lebih bugar.

Para ahli menyebutkan hanya dengan berjalan kaki kurang dari satu jam dengan rutin dapat memperpanjang usia hingga tujuh tahun.

 

Menurunkan berat badan

Selain memperpanjang usia, berjalan kaki juga dapat mengurangi lemak berlebih dalam tubuh.

Bahkan 30 menit berjalan kaki rata-rata membakar sekitar 250 kalori, belum sepenuhnya membakar kalori sepiring nasi dan lauk makan siang.

Jadi, tahu kan kenapa Anda harus berjuang menghindari gorengan?

 

Meningkatkan mood

Anda merasa mood kurang bagus dalam bekerja? Jalan kaki saja!

Utamakan berjalan kaki di pagi hari di kawasan dekat taman, atau jalan kompleks yang dinaungi banyak pohon rindang.

Udara segar yang Anda hirup saat berjalan kaki mampu meningkatkan mood bekerja Anda di kantor.

Itulah manfaat berjalan kaki yang akan Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang untuk Anda para pekerja, cobalah ubah kebiasaan Anda dengan berjalan kaki untuk bepergian jarak dekat. Dengan begitu tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.