Inilah Takaran Kopi yang Efektif untuk Diminum dalam Sehari

Anisa Sekarningrum

seorang fresh graduate yang tertarik menulis tentang pariwisata, kuliner, budaya, dan lingkungan.

Bagi penyuka kopi, sebuah hari terasa belum lengkap jika terlewat tanpa kopi. Namun sebenarnya, berapa banyak takaran yang efektif untuk satu hari?

Perhatikan kebutuhan konsumsi Anda

Meski Anda suka dan merasa butuh minum kopi, perhatikan batas kemampuan dan kebutuhan tubuh Anda terhadap kafein.

Tidak semua orang mampu minum bergelas-gelas kopi tanpa merasakan efek samping apapun. Sehingga Anda perlu tahu, batas kemampuan tubuh Anda menerima kafein agar tidak malah berdampak buruk.

Perhatikan kesehatan tubuh Anda

Apakah Anda menderita penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya, mungkin Anda harus berpikir ulang untuk menkonsumsi kopi secara rutin.

Perhatikan pola tidur Anda

Kafein adalah zat yang menahan kantuk Anda. Jika Anda malah merasa pola tidur Anda terganggu setelah menkonsumsi kafein, sebaiknya Anda hentikan. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi kafein enam jam sebelum waktu tidur Anda.

Takaran kopi secara umum

Menurut Agency Keamanan Pangan Uni Eropa, takaran kopi yang aman diminum orang dewasa dalam satu hari adalah maksimal 400 miligram perhari. Itu setara dengan empat cangkir kopi hitam murni.

Hal ini tidak berlaku pada anak-anak dan wanita hamil karena memiliki kondisi berbeda. Namun tetap harus diingat bahwa ini tidaklah mutlak karena tergantung pada daya tahan tubuh, jenis kopi dan cara seduhnya.

Kopi memang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun jika salah takaran, efek kafein justru berdampak buruk bagi kesehatan Anda

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.