Green Tea, Mujarab Sebagai Tabir Surya sampai Masker Wajah

Anisa Sekarningrum

seorang fresh graduate yang tertarik menulis tentang pariwisata, kuliner, budaya, dan lingkungan.

Sudah lama, green tea menjadi pilihan rasa ketika memilih rasa es krim atau camilan. Namun tahukah Anda, si hijau yang enak ini juga efektif untuk merawat kulit.

Teh hijau telah banyak dikenal khasiatnya sebagai pembantu kontrol berat badan. Namun ternyata, teh hijau juga ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Inilah beberapa caranya:

Minum teh hijau setiap hari

Jika Anda pecinta teh hitam, kini beralihlah pada teh hijau. Mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menyegarkan kulit Anda.

Oktober silam, kepada salah satu acara di stasiun televisi Korea Selatan JTBC ‘Please Take Care of My Refrigator’, Jackson seorang anggota boyband GOT7, mengatakan ”Aku suka teh hijau organik. Aku juga sangat jerawatan dulu, maka Park Jin Young PD-nim menyarankan padaku untuk minum teh hijau, kini jerawatku sudah hilang semua.”

Masker wajah

Anda juga dapat memakai daun sisa teh hijau yang Anda konsumsi untuk masker. Caranya dengan mencampur teh hijau dengan madu. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas bersih.

Selain madu, Anda juga dapat menggunakan yogurt untuk campuran teh hijau, dengan langkah yang sama.

Pembersih wajah

Teh hijau juga bisa dipakai sebagai pembersih wajah dengan cara mencampurkan the hijau dengan sabun pembersih wajah Anda. Anda juga dapat mencuci wajah langsung dengan air teh hijau.

Perawatan uap teh hijau

Anda dapat menggunakan uap sebagai perawatan wajah. Caranya adalah dengan memasak air sampai mendidih lalu tuang ke dalam mangkuk besar lalu campur dengan teh hijau.

Arahkan wajah ke uap air. Lakukan selama lima menit saja.

Larutan teh hijau

Jika Anda membutuhkan penyegar wajah, teh hijau bisa menjadi solusinya.

Caranya, campurkan dengan air mawar yang telah dipanaskan. Biarkan campuran itu larut dan dingin, sampai sekitar 3-5 menit.

Buang ampas teh hijau, dan masukkan cairan ke dalam botol. Simpah di kulkas.

Larutan ini berfungsi untuk mengencangkan kulit dan memperlambat penuaan kulit. Anda juga dapat menggunakan pada pagi hati untuk mencerahkan kulih dan mengatasi mata panda.

Tabir surya alami

Teh hijau ternyata juga bermanfaat sebagai tabir surya alami untuk mencegah radikal bebas pada sel kulit.

Caranya adalah dengan merebus setengah cangkir daun teh hijau dengan dua cangkir air selama lima hingga sepuluh menit. Saring dan dinginkan larutan.

Untuk menggunakannya Anda dapat menggunakan kapas dengan mengoleskannya pada wajah yang bersih. Anda pun dapat menyimpan sisanya dalam wadah kedap udara.

Ternyata teh hijau tidak hanya menyegarkan untuk diminum, namun juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Ayo rawat kulitmu dengan si hijau!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.