Dari Daun Katuk Sampai Alpukat, Booster Alami untuk Lancarkan ASI

sicaharum

Managing Editor, dapat dihubungi di redaksi@zeremedia.com

Tidak semua ibu mudah menyediakan ASI eksklusif untuk sang buah hati. Selain hati yang tenang dan damai, beberapa jenis sayur dan buah diyakini mampu memperlancar perjuangan ibu untuk menyusui.

Bahan makanan segar tersebut dapat diperoleh di pasar tradisional, atau di supermarket. Bahkan, kini lebih mudah untuk membelinya, karena sudah tersedia layanan belanja melalui aplikasi online.

Daun Katuk

Biasanya ibu atau nenek kita akan menyarankan daun katuk sebagai booster ASI alami. Daun katuk disebut-sebut memiliki kandungan  vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.

Agar sedap disantap, daun katuk bisa diolah sebagai sayur bobor atau sayur bening. Jika mau, tambahkan jagung manis yang juga berkhasiat memperlancar dan menambah ASI.

Foto:Istimewa

Daun Pepaya

Banyak orang tak suka daun pepaya karena rasanya yang pahit. Padahal daun ini sangat bermanfaat untuk memperlancar ASI.

Daun pepaya dapat ditumis, atau direbus. Untuk mengurangi rasa pahit, daun pepaya dapat ditumis atau direbus bersama daun singkong.

Bagi yang suka pecel, rebusan daun pepaya bisa disiram bumbu kacang. Asal jangan pedas ya.

Jika tak suka daun pepaya, melahap buah pepaya punya faedah serupa. Sebab keduanya sama-sama berkhasiat untuk menambah pasokan ASI untuk bayi.

 

Edamame

Edamame atau kedelai jepang termasuk sumber protein nabati yang bagus untuk ibu menyusui. Selain mengandung Vitamin K, kedelai ini juga memiliki asam folat, zat besi, fosfor,dan kalium.

Edamame dapat direbus, lalu ditambah sedikit garam untuk menjadi camilan sehat.

Kacang Hijau

Kacang hijau banyak mengandung  Vitamin B1, protein, fosfor, hingga asam folat.

Kacang hijau untuk memperlancar dan memperbanyak ASI bisa diolah seperti membuat sari kacang hijau, atau bubur kacang hijau. Hanya saja, perhatikan gulanya. Jangan terlalu banyak.

Kacang Almond

Almond sering disebut sebagai superfood karena banyak mengandung nutrisi mulai dari asam lemak, vitamin, mineral, serat makanan, serta protein tinggi.

Almond baik untuk ibu menyusui. Selain sebagai booster ASI alami, kandungan nutrisi kacang almond juga bagus untuk perkembangan otak bayi.

Rendam kacang almond sekitar 2-4 jam. Lalu blender dengan air, dan saring menggunakan kain. Simpan sari tersebut di dalam kulkas. Menu ini bisa diselang-seling dengan minuman kacang lain.

 

Kacang Merah

Seperti umumnya keluarga kacang-kacangan, kacang merah juga bermanfaat untuk memperlancar ASI.

Kacang merah dapat diolah menjadi sup daging, atau direbus dan diminum sarinya.

Labu

Banyak pilihan labu yang bisa dikonsumsi sebagai booster ASI alami.  Mulai dari labu siam yang berwarna hijau, atau labu kuning.

Labu siam dapat direbus lalu dilahap seperti lalap. Labu siam juga dapat diolah menjadi sayur bening. Sedangkan labu kuning, bisa saja dijadikan kolak yang tak terlalu manis.

Keluarga labu ini termasuk memiliki gizi dan serat tinggi sehingga mudah dicerna dan menghindarkan sembelit.

Alpukat

Cara terbaik menikmati alpukat ialah melahap apa adanya. Tak perlu tambahan gula atau susu. Pilih alpukat yang matang sehingga tak keras dan getir.

Selain baik untuk memperlancar ASI, alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal untuk tumbuh kembang sel otak bayi.

 

Semangka

Semangka banyak mengandung vitamin A dan C, kalium, hingga asam folat. Apalagi semangka juga banyak mengandung air yang bersifat mendinginkan dan menenangkan.

Semangka dapat dibuat jus atau dimakan langsung sebagai booster ASI alami. 

Selain melahap sayur dan buah tersebut di atas, ibu yang menyusui perlu memperbanyak minum air putih menjadi 10-12 gelas per hari.

Ibu yang menyusui juga perlu menghindari minuman berkafein seperti kopi, perbanyak istirahat, dan tenangkan hati. ASI yang lancar dan cukup akan membuat bayi tidur nyenyak dan lebih tenang karena kenyang.

Makanya, penting untuk memfokuskan perhatian pada si kecil dengan hati yang riang. Sebisa mungkin, hindari aktivitas dengan tingkat stres tinggi. Misalnya, belanja bulanan di supermarket yang relatif menguras tenaga dan waktu.

Sekarang kita bisa mendelegasikan kesibukan belanja bulanan, termasuk belanja sayur dan buah untuk memperlancar ASI.  Caranya, gunakan aplikasi belanja online HappyFresh, dan biarkan personal shopper yang berbelanja sesuai daftar kebutuhan kita.

Happy World Breastfeeding Week 1-7 August 2017!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.