Cara Mudah Merawat Tas Kulit

chichi bernardus

Editor-in-Chief

Ibu dari Reginald, Jadzia, Leila dan Meira yang suka menyeduh teh dan menghidu minyak atsiri. Aktif sebagai anggota The Climate Reality Project dan Slow Food. Founder dari Wastra Carita dan Ra'Medheni Bags. Guru Yoga untuk anak ini pernah menjadi pemimpin redaksi Majalah Fit, Women's Health Indonesia, Men's Health Indonesia dan Marketplus.co.id. Bersama Bunga Mega, Chichi mendirikan komunitas Mamaboss Indonesia.

 

Tas kulit perlu dirawat khusus agar awet dan tetap cantik

Tas kulit memang cantik dipakai dan relatif awet dibandingkan tas dari faux leather atau kulit sintetis. Tapi perlu dirawat khusus, dan ini cara mudahnya!

Merawat tas kulit memang gampang-gampang susah tapi perlu dilakukan karena harganya relatif mahal. Tak perlu cemas sih, karena ada langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan sehingga tas kulit kesayanganmu bisa tetap cantik terawat.

Courtesy of: Silvarrie Walkway
  • Pegang dengan tangan yang bersih: bahan kulit mudah menyerap minyak dan lemak. Jadi sebelum membersihkan tas kulit, pastikan sudah mencuci tangan dengan sabun. Lap permukaan tas kulit dengan lap katun yang sudah direndam air dan diperas. Jangan gunakan terlalu banyak air karena perlu waktu untuk mengeringkan.
  • Gunakan pembersih khusus kulit: cairan ini dapat dioleskan ke atas kulit dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan menggunakan lap yang agak basah sehingga tidak menutupi pori-pori. Cukup lakukan ‘ritual’ ini setahun dua kali saja.
  • Lembapkan dengan kondisioner untuk kulit: tujuannya agar kulit tetap lembut.
  • Hilangkan noda begitu terlihat: jangan tunda lagi. Gunakan serbuk kapur tulis jika noda itu adalah noda bekas makanan atau darah. Hancurkan kapur tulis, diamkan semalaman di atas nodanya lalu bersihkan dengan kain bersih.

    Courtesy of: Silvarrie Walkway
  • Isi dengan koran bekas atau bubble wrap: tujuannya agar bentuknya terjaga seperti awalnya.
  • Simpan dalam dustbag: agar tidak terkena debu atau tergesek-gesek sehingga permukaan kulitnya tergores.
  • Bersihkan tas kulit suede dengan kuas khusus: cek juga anjuran dari pabrik pembuatnya agar tidak salah perawatan.
No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.